7 Ciri-Ciri Madu Asli dan Murni

7 Ciri-Ciri Madu Asli dan Murni

Madu asli atau murni memang mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis madu palsu yang banyak beredar di pasaran. Untuk memilih kualitas madu yang asli pastinya juga diperlukan ketelitian, jadi jangan sampai kita tertipu oleh warna serta tampilan botolnya saja. Adapun tanda-tanda yang nampak jelas seperti warna kuning cerah biasanya tidak selalu menjadi jaminan bahwa madu tersebut asli. Nah, lantas bagaimana cara mengetahui madu tersebut murni atau tidak ?

Ciri-Ciri Madu Asli dan Murni


Pada dasarnya madu merupakan cairan kental yang dihasilkan dari nektar bunga yang telah diolah oleh lebah. Adapun rasa manis yang terdapat pada madu tersebut berasal dari zat glukosa, akan tetapi tentunya tidak semua madu mempunyai rasa yang manis. Misalnya saja seperti madu hitam, meskipun tidak manis namun apabila kita berbicara mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia tentu sudah tidak diragukan lagi.

Lantas seperti apakah ciri-ciri madu asli dan murni ?

Nah, untuk membedakan mana madu yang asli dan madu campuran sebenarnya bisa kita ketahui dengan mudah. Jadi tanda-tanda madu asli memang sangat jelas, sehingga bagi kita yang sudah tahu tentu tidak akan mudah tertipu. Namun bagaimanapun juga kita harus tetap teliti dengan melakukan beberapa tes sederhana seperti berikut ini :

Tidak terdapat endapan pada botol

Pastikan bahwa di bagian dasar botol tempat madu disimpan itu tidak terdapat endapan ataupun buihnya. Jadi apabila terdapat buih itu biasanya karena terlalu lama dibiarkan padda wadah terbuka dan sudah mengalami proses fermentasi.

Tetesan pada madu asli tidak terputus

Apabila kita celupkan benda ke dalam botol yang berisikan madu dan kemudian benda tersebut kita angkat, maka untuk madu yang asli tetesannya tidak akan terputus-putus. Berbeda dengan madu yang palsu, maka tetesannya akan nampak terputus-putus.

Tidak tembus kertas

Yang menjadi ciri khas dari madu asli yaitu teksturnya kental serta mempunyai kandungan air yang sedikit. Jadi kita bisa mengeceknya dengan meneteskan ke kertas yang tipis, apabila madu tersebut asli maka tidak bisa menembus kertas seperti halnya air karena madu asli cairannya cukup pekat.

Apabila kita panaskan akan mengembang

Untuk madu yang murni cirinya akan menghasilkan seperti gelembung-gelembung apabila kita panaskan. Hal ini berbeda jika madu tersebut palsu yang dicampuri gula akan menghasilkan buih seperti air mendidih.

Madu asli tidak bisa mengering

Jadi apabila kita oleskan di telapak tangan lalu kita jemur, maka madu asli tidak akan bisa mengering. Berbeda dengan madu palsu yang mana bisa mengering dan menyisakan lapisan kerak gula pada telapak tangan kita.

Madu murni tidak membeku di dalam freezer

Jika kita meletakkan madu asli dalam freezer, maka madu tersebut tidak akan mengeras seperti air es batu. Jadi madu tersebut tetap cair kental menyerupai sirup.

Mengeceknya dengan telur

Cara mengecek madu asli dengan terlur

Cara yang terakhir kita bisa mengeceknya dengan mencampurkan telur dan mengocoknya. Apabila telur tersebut lama-kelamaan berubah menjadi setengah matang, namun jika telur tersebut tetap dalam keadaan mentah maka bisa dipastikan madu tersebut tidak murni.
Jadi itulah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk memastikan bahwa madu tersebut asli atau palsu. Perlu untuk anda ketahui jika madu manuka merupakan jenis dari madu yang paling mahal, sementara untuk madu hitam merupakan madu yang memiliki rasa pahit dan madu tersebut diambil langsung dari hutan liar namun sangat berkhasiat bagi kesehatan. Oleh sebab itu jangan sampai kita tertipu dalam membeli madu yang asli atau murni.
Posted by Unknown, Published at 8:09 PM

16 comments:

  1. ditempt sy mas bnyk pnjual madu,,tp bnyk yg palsu.mudah2an setelah bca artikel ni saya bisa mengetahui mana yg asli dan mn yg plsu,,mksih mas

    ReplyDelete
  2. Terimkasih Atas Infonya Sangat Bermanfaat,.
    ijin Share Gan
    Kunjungi Juga web saya http://jellygamat-gold.net/

    ReplyDelete
  3. Mantab, nice infonya gan...

    http://www.centralspringbed.co.id

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. sama sama gan...
      terimakasih kunjungannya !!

      Delete
  5. Thsnks ya jadi tau cara membedakan nya,,

    ReplyDelete
  6. Thsnks ya jadi tau cara membedakan nya,,

    ReplyDelete
  7. Thanks ya info nya...bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  8. Thanks ya info nya...bermanfaat sekali...

    ReplyDelete


  9. Artikel yang sangat luar biasa, semoga bermanfaat dan blog ini ramai
    pengunjung.. amin. Sekalian nitip info buat temen2 yang lain yang sedang
    mencari info kesehatan!. Silahkan pilih salah satunya.



    Link text

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    ReplyDelete
  10. Saya tertarik dengan artikel yang ditayangkan pada blog ini saya tunggu artikel terbaru nya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Where Everybody is The Winner
    bisa di akses melalui => f4n583771nG :)

    ReplyDelete
  12. Hiii .... buat kamu yang suka BOLA, yuk mari gabung di fans__bett__ing ^_^
    Komunitas sepak bola terbesar di indonesia :) 5.E.E.8.0.A.F.E | banyak kejutan menanti | fans | :)

    ReplyDelete
  13. Masker dengan menggunakan madu pada wajah dapat mengatasi jerawat, merawat kulit dan mengurangi minyak pada kulit..baca selengkapnya di https://www.sayasehat.id/article/detail/1047/masker-madu

    ReplyDelete
  14. suka main game online ,tapi uang jajan terbatas guys??
    yuk, gabung bersama kami di F4n5--83771nG => Agen BOLA terbesar tidak perlu keluar bnyak uang nya ya guys,, cuma 50 rb loh kamu sudah bisa bergabung bersama kami , MINAT ????? yuk langsung saja ,
    untuk info lebih lanjut silahkan di add saja ya
    WA kami @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

    ReplyDelete

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak