7 Makanan penyebab tekanan darah tinggi

7 Makanan penyebab tekanan darah tinggi

Makanan penyebab tekanan darah tinggi | Seperti yang kita tahu bahwa makanan memiliki peran yang sangat penting terhadap kondisi seseorang. Bagaimana bisa? karena makanan yang kita konsumsi itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita termasuk yang menyebabkan kita menderita darah tinggi. Adapun zat terburuk yang terkandung dalam makanan dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dengan cepat seperti halnya sodium dan natrium. Nah, demikian ini bagi mereka yang sudah menderita darah tinggi maka batas yang di anjurkan konsumsi natirum dalam sehari tidak boleh melebihi 1500 miligram.


7 makanan penyebab tekanan darah tinggi


Meskipun demikian, faktanya kita tidak pernah bisa lepas dari sodium dan natrium dalam makanan yang kita konsumsi, sebab kandungan tersebut paling banyak diperoleh dari garam serta biasanya terdapat di hampir semua makanan siap saji maupun makanan-makanan di restoran. Walaupun garam bisa menambah rasa makanan tapi di balik itu semua juga garam bisa menyebabkan sel-sel lebih mudah untuk mengikat lemak lebih banyak. Tentu bahaya obesitas bisa mengancam kita.

Lantas Apa saja makanan-makanan yang harus di hindari penyebab tekanan darah tinggi ?


Jadi khususnya untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi maka sebaiknya hindarilah makanan-makanan seperti berikut ini :

Olahan daging

Yang dimaksud olahan di sini yakni daging baik itu di awetkan, di asap, pengasinan atau penambahan bahan pengawet di dalamnya seperti sosis, dendeng, hot dog dan ham. Adapun apabila kita timbang, satu porsi dengan berat 3 ons daging tersebut sudah mengandung 1200mg natrium, tentu ini jumlah yang sudah melewati batas normal harian bagi penderita hipertensi. Jadi hindarilah makanan daging olahan tersebut.

Saus Tomat dan jus tomat

Mengapa saus tomat tidak disarankan untuk dikonsumsi? sebab satu cangkir jus tomat terkandung 680 miligram sodium.  Apalagi satu porsi spageti dengan saus tomat di atasnya bisa mengandung lebih dari 1300 miligram sodium yang tidak baik bagi kesehatan.

Buah kalengan ataupun makanan kalengan lain

Batasilah konsumsi makanan kalengan, sebab air garam yang biasa digunakan untuk mengawetkan makanan kalengan tersebut bisa meningkatkan tekanan darah. Kalaupun anda terpaksa mengonsumsinya maka pastikan dahulu bahwa garam ekstrak di dalamnya sudah benar-benar hilang dengan cara membilasnya. Ada juga cara lain dengan cara mendidihkan terlebih dahulu 10 menit sebelum dikonsumsi.

Minuman dan makanan yang banyak mengandung gula

Termasuk di dalamnya seperti permen, kue basah, kue kering, minuman manis, manisan dsb harus kita hindari khususnya bagi mereka yang menderita darah tinggi. Selain dikaitkan dengan darah tinggi, makanan manis juga dikaitkan dengan bahaya obesitas. Itulah mengapa orang yang obesitas juga lebih mudah terserang darah tinggi.

Chinese Food

Makanan China memang dikenal menggunakan saus yang sangat banyak mengandung natrium. Bahkan menurut The Nutrition Twins, untuk daging sapi lengkap dengan brokoli dapat mengandung 3.750 mg sodium. Demikian ini dikarenakan campuran kecap serta saus teriyaki mengandung 1000 mg natirum meskipun hanya dalam satu sendok.

Makanan berlemak

Mengonsumsi lemak jenuh serta lemak trans yang terkandung dalam makanan juga perlu kita hindari karena itu pemicu tekanan darah tinggi. Selain itu mengolah makanan menggunakan margarin, mentega, minyak kelapa juga harus kita batasi.

Kafein

Kandungan kafein bisa terdapat pada kopi, minuman ringan, maupun produk kakao. Jadi kafein ini merupakan stimulan yang bisa meningkatkan tekanan darah. Di samping itu kafein juga bertindak sebagai vasokonstriktor yang mana bisa mempersempit arteri dan juga bisa meningkatkan tekanan dalam aliran darah.


Demikianlah beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi karena sangat tidak baik apabila tetap dikonsumsi terus menerus apalagi secara berlebihan.  
Posted by Unknown, Published at 6:02 AM

3 comments:



  1. Artikel yang sangat luar biasa, semoga bermanfaat dan blog ini ramai
    pengunjung.. amin. Sekalian nitip info buat temen2 yang lain yang sedang
    mencari info kesehatan!. Silahkan pilih salah satunya.



    Link text

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    KLIK DI SINI

    ReplyDelete
  2. Jaga pola makan bagi penderita hipertensi jangan sampai krisis hiopertensi, kenali gejalanya..baca selengkapnya di https://www.sayasehat.id/article/detail/661/krisis-hipertensi

    ReplyDelete
  3. suka main game online ,tapi uang jajan terbatas guys??
    yuk, gabung bersama kami di F4n5--83771nG => Agen BOLA terbesar tidak perlu keluar bnyak uang nya ya guys,, cuma 50 rb loh kamu sudah bisa bergabung bersama kami , MINAT ????? yuk langsung saja ,
    untuk info lebih lanjut silahkan di add saja ya
    WA kami @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

    ReplyDelete

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak