7 manfaat olahraga pagi bagi kesehatan

7 manfaat olahraga pagi bagi kesehatan

Manfaat olahraga pagi bagi tubuh kita memang ada banyak sekali. Selain bisa membuat tubuh kita lebih sehat, juga bisa menyegarkan pikiran kita untuk lebih siap menghadapi padatnya rutinitas sehari-hari. Bagi orang yang selalu menyempatkan diri untuk berolahraga setiap pagi tentunya juga akan merasakan sendiri manfaatnya, tapi mengapa sih harus pagi hari dan bukannya pada malam hari? Menurut para pakar kesehatan, olahraga memang akan jauh lebih baik dilakukan ketika tubuh masih segar dan itu tepatnya pada pagi hari, dan juga pada pagi hari itu udara sekitar masih bersih sehingga bisa menyegarkan pikiran kita. Di samping itu tidak hanya manfaat fisik saja yang kita dapatkan ketika rutin berolahraga pada pagi hari, melainkan juga manfaat psikologi.

manfaat olahraga pagi bagi kesehatan


Segudang manfaat olahraga pagi bagi kesehatan


Berbicara mengenai olahraga pagi sendiri sebenarnya memang harus diterapkan dan dijadikan rutinitas sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak? jika kita rajin berolahraga setiap pagi maka tubuh kita juga tidak akan rentan terkena penyakit. Nah, untuk lebih jelasnya apa saja manfaat olahraga pagi hari. Simak informasinya berikut ini :

  • Membantu metabolisme dalam tubuh

Jadi manfaat olahraga pagi bagi kesehatan yang pertama yaitu pada saat kita melakukan olahraga pada pagi hari maka saat itulah kita memulai metabolisme dan itu akan bertahan sampai malam hari. Jadi dengan metabolisme yang aktif tentunya tubuh bisa membakar lebih banyak kalori, bahkan pada saat kita tidak bergerak sekalipun.

  • Menciptakan mood yang baik

Dengan membiasakan berolahraga setiap pagi, demikian itu bisa memberikan energi sepanjang hari. Adapun dengan mencapai kondisi fisik yang baik, maka  tubuh akan lebih sehat dan bugar sehingga anda juga akan merasakan mood yang lebih baik.

  • Menyehatkan jantung kita

Seperti yang kita tahu dengan kita berolahraga maka otomatis semua otot dalam tubuh menjadi terlatih, begitu juga dengan jantung kita. Bagi mereka yang rutin berolahraga maka kesehatan jantung akan tetap terjaga dan bisa terhindar dari penyakit pembunuh nomor satu di dunia yakni penyakit jantung.

  • Otak jadi lebih jernih

Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa olahraga pagi yang dilakukan bisa meningkatkan ketajaman mental yang cukup signifikan. Selain itu dengan berolahraga di pagi hari maka artinya anda mengawali hari dengan otak dan pikiran yang lebih jernih.

  • Membantu mengurangi nafsu makan

Bagi anda yang telah terbiasa olahraga pada pagi hari maka diyakini mampu menjaga nafsu makan sepanjang hari. Jadi mereka akan cenderung lebih jarang ngemil dan jajan sembarangan, sehingga tubuh mereka juga akan lebih sehat. (aktivitas fisik dapat menyebabkan pelepasan endorfin, sehingga dapat mengurangi nafsu makan).

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Apabila anda rutin melakukan olahraga pagi hari, maka anda juga akan tidur lebih baik dan nyenyak pada malam harinya. Hal ini disebabkan karena olahraga pagi bisa membantu memperbaiki kualitas tidur anda. Di samping itu, jam tidur anda juga bisa lebih teratur dengan kebiasaan yang baik tersebut.

  • Lebih siap dalam menjalankan rutinitas setiap hari

Dalam sehari-hari pastinya kita memiliki banyak sekali tugas yang harus dilaksanakan, baik itu pekerjaan rumah, kantor maupun pekerjaan lainnya. Apabila anda ingin merasa mudah dan lebih siap dalam menjalankan aktivitas tersebut, anda bisa mengawali hari dengan menyempatkan diri untuk berolahraga. Jadikanlah olahraga tersebut sebagai rutinitas sehari-hari, sehingga anda juga tidak akan merasa terbebani. Perlu anda ketahui bahwa orang yang berolahraga setiap hari tidak akan mudah lelah dan lebih siap dalam melakukan rutinitas sehari-hari.


Nah, ada banyak sekali kan manfaat dari kebiasaan kecil berolahraga di pagi hari. Mulai sekarang biasakan diri anda untuk menyempatkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga pagi, sehingga dengan begitu tubuh anda bisa lebih sehat dan lebih siap untuk mengawali hari. Jadi itulah segudang manfaat olahraga pagi bagi kesehatan.
Posted by Unknown, Published at 6:23 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak