Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya bisa kita lakukan dengan memperhatikan beberapa hal baik itu kebiasaan yang kita lakukan maupun dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Kita tahu apabila gigi dan mulut kita sehat maka kita juga bisa merasa nyaman jika hendak berbicara dengan orang banyak maupun dalam mengunyah makanan yang kita makan. Meskipun terkadang di anggap remeh, akan tetapi hal ini memiliki peran yang sangat penting. Sebab jika gigi dan mulut kita tidak sehat, maka kita bisa merasakan sakit ketika mengunyah makanan serta bau mulut menjadi tidak sedap. Lalu apa jadinya jika mulut dan gigi kita tidak sehat? pasti orang-orang di sekeliling kita akan merasa sangat tidak nyaman.


tips menjaga kesehatan gigi dan mulut


Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa kita lakukan. Simak informasinya berikut :

Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara berkala

Pada kenyataannya memang banyak orang malam memeriksakan gigi ke dokter gigi secara berkala, akan tetapi tanpa disadari hal ini memang sangatlah penting untuk dilakukan. Karena dengan demikian kita bisa mengetahui kondisi kesehatan gigi kita.

Menyikat lidah

Saat menggosok gigi, upayakan juga untuk selalu menyikat lidah. Saat ini telah banyak sikat gigi yang sekaligus dilengkapi dengan sikat lidah. Demikian ini bisa membantu membersihkan lidah yang kotor yang mana biasanya sebagai pemicu bau mulut.

Melakukan frossing

Yang dimaksud frossing di sini yaitu membersihkan gigi dari sisa makanan yang masih tertinggal di sela gigi. Jadi apabila kita melakukan ini sebelum menyikat gigi, tentu semua kotoran yang tertinggal bisa terangkat seluruhnya sehingga menggosok gigi akan jauh lebih mudah.


Lalu adakah cara alami untuk membersihkan gigi dan mulut ?

Ya, jadi kita juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut secara alami dengan cara :

Memenuhi asupan vitamin D

Adapun peran vitamin D ini dapat membantu penyerapan kalsium pada gigi. Kita bisa mendapatkan sumber vitamin D dengan mengonsumsi makanan seperti telur, susu, dan juga ikan.

Mengonsumsi keju

Mengapa kita disarankan keju untuk menjaga kesehatan gigi ? karena kita tahu bahwa makanan keju mempunyai banyak kandungan protein yang sangat bermanfaat untuk menjaga lapisan email pada gigi. Di samping itu ada pula kandungan kalsium di dalamnya juga berguna untuk menguatkan gigi kita.

Menjaga kadar asam dalam mulut


Jadi memang ada makanan yang bisa meninggalkan kadar asam pada mulut yang mana ini bisa merusak gigi kita. Makanan tersebut seperti halnya kopi, teh, es jeruk maupun minuman bersoda lainnya. Oleh karena itu sebaiknya kita kurangi minum minuman yang dapat meninggalkan keasaman dalam mulut kita.

Mengonsumsi makanan tertentu

Perlu anda ketahui, pada dasarnya ada beberapa makanan yang justru bisa membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan juga mulut kita. Misalnya saja seperti buah strawberry yang berguna untuk memutihkan gigi, ada juga buah apel dan lain sebagainya.

Jadi itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan begitu gigi kita bisa tetap putih bersih dan kesehatan mulut bisa tetap terjaga.
Posted by Unknown, Published at 8:43 PM

1 comment:

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak