Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami


Penyakit asam urat memang merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu penderitanya karena penyakit ini sering menimbulkan rasa nyeri berlebihan dan bahkan bisa membuat seseorang sulit untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Meskipun demikian, belum banyak orang yang tahu bahwa cara mengobati asam urat juga bisa dilakukan secara alami karena kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa penyakit asam urat ini hanya bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Adapun penderita asam urat untuk saat ini juga terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan, hal ini disebabkan karena pola maupun gaya hidup yang tidak baik akibat terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

cara mengobati asam urat


PENYEBAB ASAM URAT


Pada umumnya, penyakit asam urat ini dapat disebabkan oleh beberapa hal termasuk di antaranya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi zat yang terdapat kandungan purin secara berlebihan. Jadi zat purin tersebut banyak kita temukan di semua jenis daging. Adapun zat purin itu akan diubah dengan melibatkan enzim HGPRT dan selanjutnya disusun menjadi protein. Apabila zat purin tersebut menumpuk, tentu akan diubah menjadi asam urat dalam jumlah yang sangat besar. Oleh sebab itu usahakan untuk membatasi makanan dengan kandungan purin berlebihan.

GEJALA PENYAKIT ASAM URAT


Setelah mengetahui penyebabnya, kita juga harus tahu apa sih gejala dari penyakit asam urat yang dapat kita rasakan. Nah, adapun gejala tersebut yaitu : terasa nyeri pada bagian sendi secara terus menerus, sering merasakan kesemutan dan bahkan pada kondisi yang sudah parah sendi bisa terasa sangat sakit jika digunakan untuk bergerak.

PANTANGAN BAGI PENDERITA ASAM URAT


Seperti yang kita ketahui, bagi seorang yang menderita asam urat pastinya ada beberapa pantangan dalam hal makanan yang harus kita patuhi. Jadi pantangan tersebut di antaranya adalah tidak dianjurkan untuk mengonsumsi usus, jeroan, paru, emping, abon, kacang, keju, kangkung, dan semua jenis makanan kaleng.

BEBERAPA CARA UNTUK MENGOBATI ASAM URAT


Pada umumnya, untuk mengobati asam urat secara alami salah satunya dengan memperbanyak konsumsi air putih sebab air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat di dalam tubuh. Di samping itu kita juga dapat mengonsumsi jeruk, kentang, sawi, dan berbagai karbohidrat kompleks seperti ubi, singkong, beras merah maupun roti gandum. Selain itu, ada juga bentuk olahan bahan alami yang dapat kita lakukan untuk mengobati asam urat seperti berikut ini :

  • Menggunakan pare


Tanaman yang memiliki rasa pahit ini juga bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan asam urat dengan cara mencuci pare hingga bersih, setelah itu pare direbus dengan 2 gelas air dan tunggu sampai air rebusan menyusut jadi satu gelas saja. Untuk mendapatkan hasil optimal minumlah ramuan tersebut secara rutin.

  • Menggunakan ubi jalar


Jadi rebuslah campuran antara 200gram ubi jalar, 1 ruas kayu manis, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe merah, 5 butir kapolaga, 10 butir merica dan juga gula merah dalam 1,5 liter air sampai air tersebut menyusut menjadi setengah liter. Setelah itu minumlah obat tradisional tersebut untuk menyembuhkan asam urat secara rutin.

  • Menggunakan leunca dan tekokak


Mungkin masih banyak yang awam dengan tanaman yang satu ini. Akan tetapi tanaman ini bisa mengobati asam urat dengan menjadikannya sebagai sayur untuk dimakan.

  • Menggunakan daun salam


Kita bisa merebus daun salam 10 lembar ke dalam 2 gelas air, lalu tunggu hingga air tersebut tersisa 1 gelas untuk diminum 2 kali sehari.


Pada dasarnya penyakit asam urat itu merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja terutama mereka yang memiliki pola hidup yang kurang baik. Oleh sebab itu untuk anda yang menderita penyakit asam urat bisa mencoba menerapkan hidup sehat dengan membatasi konsumsi makanan seperti yang sudah dijelaskan di atas dan juga anda bisa mengobatinya asam urat dengan menggunakan bahan alami tersebut.


Posted by Unknown, Published at 11:08 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak