Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami


Cara mengobati sakit kepala secara alami pada umumnya memang telah diketahui sejak lama meskipun untuk mengobati sakit kepala sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik itu menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek maupun dengan menggunakan bahan alami. Akan tetapi apabila kita menggunakan obat-obatan tentu hal ini pasti akan memberikan efek samping kepada penggunanya misalnya saja seperti mengantuk maupun efek samping yang lainnya. Oleh sebab itulah tidak sedikit pula yang lebih memilih untuk menggunakan bahan alami, selain tidak memberikan efek samping juga dipercaya terbukti efektif untuk meredakan sakit kepala tersebut.

cara mengobati sakit kepala secara alami


MACAM-MACAM SAKIT KEPALA


pada dasarnya sakit kepala itu merupakan rasa sakit yang biasa dirasakan di bagian kepala, adapun rasa sakit tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya seperti terlalu banyak konsumsi kafein, melewatkan waktu makan, stres, dehidrasi tinggi dan masih banyak lainnya. Meskipun demikian sakit kepala sendiri juga banyak jenisnya, beberapa di antaranya adalah sakit kepala migran, cluster, vertigo maupun sakit kepala berkepanjangan. Langkah untuk mengobatinya pun juga tidak sama, jadi kita sebaiknya memastikan dahulu jenis sakit kepala apa yang tengah dirasakan sehingga bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

BEBERAPA CARA ALAMI UNTUK MENGATASI SAKIT KEPALA


Untuk anda yang mungkin saat ini tengah merasakan sakit kepala, anda bisa menerapkan cara mengobati sakit kepala secara alami seperti berikut ini :

  • Meminum air putih

Sesuai dengan yang sudah saya sebutkan di atas, salah satu dari penyebab sakit kepala itu dikarenakan oleh kekurangan cairan / dehidrasi pada tubuh. Kita tahu bahwa hampir keseluruhan dari tubuh kita terdiri dari air, sehingga air merupakan komponen yang sangat diperlukan tubuh kita. Oleh sebab itu, apabila anda terserang sakit kepala maka minumlah air putih. Setelah itu biasakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari supaya terhindar dari sakit kepala.

  • Mengonsumsi kentang

Di samping karena kekurangan cairan, sakit kepala juga bisa dipengaruhi oleh hilangnya elektrolit seperti halnya kalium. Untuk itu, cara mengobati sakit kepala secara alami di sini dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium tinggi seperti kentang. Jadi kentang tersebut sebaiknya dibakar bersama dengan kulitnya sebelum dikonsumsi.

  • Mengonsumsi pisang

Seperti yang kita tahu bahwa pisang ini sangatlah banyak manfaatnya. Selain kaya potasium, pisang ini ternyata juga kaya magnesium yang berguna untuk membantu meredakan sakit kepala seperti migran. Oleh karena itu jika sakit kepala mulai menyerang maka konsumsilah buah pisang ini.

  • Menggunakan es batu

Untuk mengurangi rasa sakit di bagian kepala, ternyata kita bisa menggunakan es batu. Adapun caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengompres bagian kepala yang terasa sakit secara perlahan menggunakan es batu tersebut. Demikian ini memang bisa mengurangi dan meredakan rasa sakit kepala.

  • Mengonsumsi minuman yang mengandung mint

Untuk cara mengobati sakit kepala secara alami yang satu ini lebih cocok apabila sakit yang dirasakan disebabkan oleh maag. Jadi kita bisa memanfaatkan minuman seperti teh papermint dan yang lainnya untuk mengobati sakit tersebut.

  • Mengonsumsi biji wijen dan kacang-kacangan

Jadi biji wijen ini memiliki kandungan vitamin E yang bisa membantu menstabilkan estrogen di dalam tubuh kita, dengan begitu selain bisa mengobati juga bisa mencegah terjadinya sakit kepala itu sendiri. Adapun selain biji wijen kita juga bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan, maupun gandum yang juga mengandung banyak magnesium.

  • Mengonsumsi ikan

Dengan kita mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 seperti ikan tuna dan salmon, maka hal tersebut bisa membantu untuk mencegah berbagai peradangan yang bisa memicu terjadinya sakit kepala migran.

  • Melakukan peregangan

Gerakan peregangan juga bisa membantu meregangkan otot-otot yang tegang pemicu munculnya sakit kepala. Jadi cobalah untuk melakukan peregangan seperti senam ataupun yoga untuk mengobati sakit kepala yang berkepanjangan.

  • Hindari stress

Sakit kepala juga sering disebabkan oleh adanya otot-otot ataupun urat saraf yang tegang yang dipengaruhi oleh banyaknya pikiran sehingga menyebabkan stres. Oleh sebab itu, saran saya jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan dan luangkan waktu sejenak untuk relaksasi.


Sakit kepala memang kerap mengganggu aktivitas kita sehari-hari, dengan menerapkan cara di atas diharapkan sakit kepala tersebut bisa berangsur-angsur sembuh. Akan tetapi apabila anda masih mengalami sakit kepala berkepanjangan sebaiknya periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Itulah sedikit informasi mengenai cara mengobati sakit kepala secara alami.
Posted by Unknown, Published at 4:30 AM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak