Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Selama 9 Bulan

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Selama 9 Bulan


Kesehatan kehamilan memang merupakan hal terpenting karena pada umumnya wanita  dalam fase ini akan penuh dengan ketegangan. Adapun masa kehamilan tersebut juga memang akan membawa perubahan terhadap tubuh seseorang yang tengah hamil. Oleh karena itu, penting bagi suami maupun kerabat terdekat untuk memberikan dorongan semangat supaya sang istri yang sedang mengandung tetap bisa kuat dan bisa terus menjaga kesehatannya. Di samping itu untuk semua wanita hamil juga disarankan untuk tetap menjaga perasaan agar tetap bahagia yang bertujuan untuk menghalau rasa ketegangan dan selalu moody supaya tetap bisa menjaga kesehatan janinnya.

kesehatan kehamilan


BEBERAPA TIPS UNTUK KESEHATAN KEHAMILAN


Berbicara mengenai bagaimana cara untuk menjaga kesehatan kehamilantentunya hal ini sudah sepatutnya diketahui oleh wanita yang tengah hamil maupun semua calon ibu. Biasanya demikian ini dilakukan semata-mata untuk tetap bisa menjaga kesehatan janin yang dikandungnya serta kesehatan ibu yang mengandung. Nah, untuk anda yang masih belum mengetahui secara pasti seperti apa caranya, maka di bawah ini saya berikan tips-tipsnya.  

  • Olahraga

Meskipun sedang dalam keadaan hamil,  untuk menjaga kesehatan kehamilan  seorang ibu hamil tetap harus menyempatkan diri untuk berolahraga. Meskipun terdengar konyol tapi ini penting. Jadi untuk wanita hamil cukup melakukan jalan santai ataupun mengayuh sepeda statis selama 15 menit. Adapun manfaatnya selain bisa menambah kebugaran juga bisa memudahkan proses persalinannya kelak.

  • Melakukan diet sehat dan seimbang

Penting untuk anda perhatikan, dalam masa kehamilan usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang siap saji. Sebab makanan tersebut bisa membuat wanita hamil cepat merasa lelah serta menjadi hilang semangat. Jadi mulailah untuk memilih makanan yang sehat dan juga bervariasi dengan mencukupi segala kebutuhan nutrisi agar ibu hamil tetap sehat dan bugar. Adapun beberapa makanan sehat yang disarankan yaitu buah-buahan, protein,  lemak dan sayur-sayuran. Dengan begitu maka ibu dan janinnya bisa lebih sehat.

  • Memanjakan diri

Untuk ibu hamil, memanjakan diri merupakan hal yang juga perlu diperhatikan karena selain bisa membuatnya merasa nyaman juga bisa membuat lebih relaks. Bahkan banyak penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang selalu bergembira dan selalu nyaman bisa menularkan rasa tersebut kepada janinnya. Akan tetapi jika ibu tersebut selalu gelisah, maka detak jantung akan lebih cepat dan otomatis juga akan didengar oleh janin. Demikian ini bisa memicu terjadinya proses persalinan prematur yang bisa berbahaya bagi bayi.

  • Minum air putih dengan cukup

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kehamilan  bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup karena seperti yang kita tahu air putih tersebut bisa mengeluarkan racun dan memperlancar pencernaan, sehingga ibu hamil bisa lebih berenergi serta merasa lebih bugar. Akan tetapi kurangilah konsumsi minuman bersoda dan terlalu banyak mengandung gula karena tidak baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Jadi gantilah dengan minum jus buah ataupun minum susu yang rendah lemak.

  • Mengurangi penggunaan garam berlebih dalam makanan

Dalam masa kehamilan memang sudah seharusnya menghindari penggunaan garam berlebih dalam makanan yang hendak dikonsumsinya. Adapun tingginya kadar garam tersebut bisa berakibat buruk bagi tubuh seperti terjadinya pembengkakan pada telapak kaki, pergelangan kaki mapun jari selama masa kehamilan.

  • Mengonsumsi vitamin dalam masa prenatal

Jadi masa prenatal ini adalah masa-masa pembuahan hingga masa pertumbuhan. Adapun karakteristiknya perkembangannya dimulai dari pembuahan sel sampai dengan pembentukan organ tubuh. Dengan begitu untuk tetap menjaga daya tahan janin dalam masa prenatal ini seorang ibu hamil memerlukan vitamin yang cukup untuk meminimalkan perasaan cepat lelah.

  • Mengurangi asupan gula

Rasa seperti pening di kepala selama kehamilan itu sebenarnya karena terlalu banyak mengonsumsi gula. Selain itu, jika kita mengonsumsi terlalu banyak gula maka kita juga bisa cepat merasa lelah. Akibatnya keperluan insulin juga akan meningkat dan hal ini tidak baik bagi pankreas. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan kehamilan  upayakan untuk mengurangi asupan gula berlebih.


Jadi demikianlah sedikit informasi kepada anda khususnya bagi ibu yang tengah mengandung. Upayakan untuk  tetap menjaga kesehatan baik itu kesehatan dirinya sendiri maupun kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya. Dengan demikian besar kemungkinan kelak bisa melahirkan secara normal berkat selalu menjaga kesehatan kehamilan.
Posted by Fragil Putra, Published at 7:22 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak