Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks Untuk Diet

Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks Untuk Diet


Sumber karbohidrat kompleks memang sangat penting bagi tubuh kita, terutama ketika kita sedang melakukan diet. Mengapa demikian? Karena karbohidrat kompleks tersebut sangat berguna agar tingkat energi di dalam tubuh kita tetap terjaga. Adapun keberhasilan diet seseorang salah satunya dipengaruhi dengan makanan yang mereka konsumsi. Oleh karena itu apabila diet anda ingin berhasil, penuhilah kebutuhan karbohidrat harian anda dengan memilih sumber karbohidrat kompleks yang tepat. Karena selain lebih baik bagi kesehatan juga mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Sumber Karbohidrat Kompleks

Beberapa makanan sebagai sumber karbohidrat kompleks terbaik


Berbicara mengenai karbohidrat kompleks sendiri sebenarnya memang bisa kita dapatkan dari beberapa sumber makanan yang ada. Misalnya saja, apabila kita terbiasa mengonsumsi nasi putih sebagai  makanan pokok, maka dalam masa diet ini anda bisa menggantinya dengan nasi beras merah. Jadi sumber makanan karbohidrat tersebut dinilai lebih baik dan mampu mendapatkan hasil diet yang lebih optimal. Nah, untuk lebih jelasnya apa sajakah makanan sumber karbohidrat kompleks terbaik ? Simak berikut ini :

  • Nasi beras merah


Jadi nasi beras merah ini mempunyai lapisan minyak yang sangat kaya akan serat makanan dan juga glukosa. Adapun manfaatnya bagi tubuh kita sudah sangat jelas yakni bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, melancarkan sistem pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu nasi beras merah ini juga mengandung Gammaaminobutyric Acid yang bisa meningkatkan hormon pertumbuhan, asam amino, mineral magnesium dan mangan.

  • Roti Gandum Utuh


Roti Gandum Utuh ini juga merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bisa mengenyangkan. Selain itu juga dapat membantu pencernaan serta menurunkan kolesterol jahat berkat kandungan serta yang dimilikinya. Adapun selain segudang manfaat tersebut, roti ini juga mengandung multivitamin, protein, mineral dan berbagai nutrisi lainnya. Di samping itu tingkat level indeks glikemiknya juga rendah jadi kita tidak perlu khawatir dalam memakannya. Oleh sebab itulah roti gandum ini dapat menjadi pilihan karbohidrat kompleks terbaik ketika diet.

  • Oatmeal


Tidak jauh berbeda degan roti gandum utuh maupun nasi beras merah. Oatmeal juga sangat kaya akan serat sehingga bisa menjadi sumber energi yang tahan lama. Selain itu oatmeal juga mengandung protein yang tinggi serta indeks glikemiknya rendah sehingga sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi tidak heran bila oatmeal termasuk dalam sumber karbohidrat kompleks yang saya rekomendasikan.

  • Buncis


Sayuran ini memang dapat dibilang sebagai sumber makanan yang sangat kaya serat dan merupakan karbohidrat kompleks. Dengan harganya yang tidak mahal, menjadikan buncis ini bisa dengan mudah kita dapatkan. Berbicara mengenai kandungan dari buncis sendiri memang cukup banyak, baik serat, protein dan juga zat-zat antioksidan yang bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Oleh sebab itu kita tidak perlu khawatir dalam mengonsumsinya meskipun dalam jumlah yang banyak sekaligus.

  • Brokoli


Kandungan zat-zat fitrokimia yang terkandung dalam brokoli ini berkhasiat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu brokoli juga kaya akan serat, vitamin, kalsium, dan juga bebas lemak. Adapun brokoli juga mengandung indoles yang berguna untuk menekan estrogen jahat dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya akumulasi lemak.

  • Umbi-umbian


Karbohidrat kompleks memang banyak terdapat pada tanaman umbi-umbian seperti ubi, ketela, kentang dan sebagainya. Untuk itu, anda bisa mengganti asupan karbohidrat harian anda dengan umbi-umbian tersebut.

Pada dasarnya sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memang ada banyak sekali. Selain itu apabila kita membahas mengenai masalah diet, bagi anda yang memiliki golongan darah O, anda juga bisa mencoba diet untuk golongandarah O yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Jadi itulah sedikit informasi bagi anda yang sedang melakukan diet untuk menentukan pilihan terbaik dalam memilih sumber karbohidrat kompleks.


Posted by Unknown, Published at 7:45 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak