Cara mencegah kanker prostat secara alami

Cara mencegah kanker prostat secara alami

Cara mencegah kanker prostat pada dasarnya bisa kita lakukan dengan cara alami baik itu dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi maupun dengan melakukan kebiasaan yang sehat. Adapun bagi mereka yang terkena kanker prostat tentunya akan merasakan sakit karena penyakit kanker prostat sendiri merupakan salah satu dari jenis kanker yang tumbuh dan berkembang di prostat sehingga bisa berakibat buruk jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat. Prostat sendiri sebenarnya sebuah kelenjar yang berada pada sistem reproduksi laki-laki, atau lebih tepatnya berada pada bagian bawah kandung kemih. Jadi penyakit kanker ini umumnya bisa terjadi apabila sel prostat tersebut mengalami mutasi sehingga perkembangannya tidak bisa terkendali. Selain itu sel tersebut juga akan menyebar ke bagian tubuh lain terutama pada tulang. Alhasil orang yang terkena penyakit tersebut tentu akan terasa sakit di bagian prostat, disfungsi erektil, susah untuk buang air kecil dan masih banyak gejala lainnya.

cara mencegah kanker prostat secara alami


Di samping apa yang telah disebutkan di atas, kanker prostat juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya saja seperti faktor pertambahan usia dan juga faktor keturunan. Bahkan kanker prostat ini lebih sering menyerang pria Eropa ketimbang pria dari Asia, namun meskipun demikian bukan berarti penyakit ini tidak akan menghampiri anda. Jadi sudah sepatutnya kita melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit kanker prostat. Tapi bagaimana caranya?

Beberapa cara sehat dan mudah untuk mencegah kanker prostat


Sebuah bukti telah menunjukkan bahwa makanan yang kita makanan sebenarnya juga mempunyai peran yang sangat besar sebagai pemicu penyakit yang satu ini. Nah, agar kita bisa terhindar tentunya kita harus mengatur makanan yang kita makan serta membiasakan  diri untuk selalu menerapkan hidup sehat. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak cara pencegahan seperti berikut ini :

  • Mengonsumsi buah tomat ataupun makanan yang memiliki warna merah lainnya seperti halnya buah semangka. Jadi buah tersebut mengandung antioksidan yang biasa disebut dengan likopen yang mana dari sebuah penelitian menyatakan jika seorang pria yang rutin mengonsumsi buah tomat atau semangka akan memiliki risiko yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.
  • Lebih memilih lemak nabati daripada lemak hewani memang sebuah pilihan yang paling tepat dalam makanan harian kita. Sebab lemak hewani memiliki keterikatan yang bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Oleh sebab itu makanlah konsumsilah lemak hewani dengan lebih bijak.
  • Minum teh hijau juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, selain itu ternyata teh hijau juga memiliki nutrisi isoflavon yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker prostat. Meskipun demikian anda juga bisa menjumpai nutrisi tersebut pada kacang tanah, kedelai maupun lentil.
  • Mengonsumsi sayuran hijau yang segar setiap harinya juga mampu menurunkan risiko penyakit kanker prostat. Adapun dengan kita mengonsumsi sayuran hijau maka vitamin dan nutrisi otomatis akan terpenuhi sehingga itu bisa memecah zat karsinogen atau zat penyebab kanker.
  • Mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko untuk terkena penyakit prostat. Adapun asam lemak omega-3 tersebut banyak kita jumpai pada ikan salmon, sarden ataupun tuna.
  • Rajin berolahraga memang suatu kebiasaan yang baik yang tentunya bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dalam hal ini apabila dalam tubuh kita terdapat tumpukan lemak yang berlebihan, pastinya itu dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu rajin berolahraga supaya berat badan bisa tetap ideal dan dapat berpengaruh positif bagi kesehatan kita.

Dengan demikian untuk bisa terhindar dari penyakit kanker prostat memang kita harus mengontrol pola makan dengan baik serta selalu rajin berolahraga untuk menjaga metabolisme tubuh. Jadi itulah sedikit informasi mengenai cara mencegah kanker prostat secara alami.
Posted by Unknown, Published at 9:18 AM

2 comments:

  1. Waw, pencegahan kanker nya tidak sesulit yang saya pikirkan. Tapi lebih baik mencegah daripada mengobati. Supaya prostat sehat minum Tara vitamin mineral

    ReplyDelete
  2. Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini,Wasir dan Ambeien


    Ciri Terkena Penyakit Prostat

    Radang Prostat dan Pembengkakan Prostat


    ReplyDelete

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak