Cara mudah mengatasi demam pada anak

Cara mudah mengatasi demam pada anak

Tips Mengatasi Demam Anak.


Untuk mengatasi demam pada anak sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah apabila kita sudah paham dan mengerti. Akan tetapi kebanyakan orang tua, terutama untuk pasangan muda sering kali merasa panik apabila mendapati anak kesayangan mereka mengalami demam. Dengan pengalaman yang masih minim terkadang membuat mereka bingung hendak melakukan apa untuk mengatasi demam tersebut. Nah di sini memang peran dari orang tua sangatlah penting, oleh karena itu orang tua sebaiknya mengetahui bagaimana tips mengatasi demam pada anak secara tepat.

cara mengatasi demam pada anak


Pada dasarnya demam itu bukanlah merupakan sebuah penyakit, akan tetapi itu merupakan suatu kondisi di mana tubuh kita sedang melakukan reaksi ilmiah terhadap serangan penyakit. Namun meskipun begitu demam juga bisa kita jadikan pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi dan itu di indikasikan dengan naiknya suhu tubuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri atau virus. Biasanya orang tua akan mengupayakan dengan berbagai cara agar demamnya bisa segera turun, padahal yang seharusnya dilakukan orang tua justru bagaimana agar membuat anak bisa tetap merasa nyaman saat mengalami demam.

Langkah tepat yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi demam pada anak


Jadi ketika suatu saat anak kita mengalami demam, maka kita tidak perlu panik dan sebaiknya lakukan beberapa langkah yang tepat seperti berikut ini :

  • Gunakan alat bantu termometer untuk mengetahui berapa suhu tubuh anak. Dengan begitu kita bisa memastikan bahwa sebaiknya anak langsung di bawa ke dokter atau sekiranya masih bisa dirawat di rumah.
  • Ambillah air dingin untuk mengompres demam anak supaya suhunya bisa kembali seperti suhu tubuh normal.
  • Lakukan pengompresan menggunakan alkohol apabila suhu anak sudah terlampau tinggi, hal ini baik dilakukan karena alkohol dapat lebih cepat menurunkan serta menyerap panas.
  • Berusaha untuk membuat tubuh anak tetap bisa berkeringat untuk membantu penyembuhan demam tersebut, jadi jangan memakaikan anak jaket tebal ataupun selimut tebal.
  • Yang terakhir memberikan obat penurun demam untuk anak.

Itu tadi merupakan langkah pertama untuk mengatasi demam pada anak agar suhu tubuhnya tidak terus meningkat yang dapat membahayakan dirinya. Nah, di samping itu kita sebagai orang tua juga harus mengetahui bagaimana sih cara mengompres yang benar ?

  • Jadi pertama ambillah air dingin untuk mengompres anak
  • lalu usapkan spons atau kain lembut yang telah di basahi dengan air ke seluruh tubuh anak. Biasanya dengan melakukan cara ini suhu anak dalam kurun waktu 30 menit sudah kembali normal.
  • Ketika anak demam, usahakan untuk membaringkan anak di ruangan yang cukup mendapatkan udara atau setidaknya pada suhu ruangan 23 derajat celcius.
  • Jika anak anda sudah merasa menggigil, maka jangan mengenakan dia jaket karena itu menandakan kalau suhu tubuhnya akan meningkat.
  • Berikan minuman seperti jus buah, air putih ataupun susu untuk anak yang demam. Jadi cairan tersebut dapat membantu mengurangi demam pada anak.

Nah, bagi anda orang tua yang belum mengetahui cara mengatasi demam anak secara tepat maka informasi di atas diharapkan bisa sedikit membantu anda untuk mendapatkan informasi yang tepat. Dengan begitu anak yang demam bisa segera mendapatkan perawatan yang tepat dari orang tua tercinta.
Posted by Unknown, Published at 7:43 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak