Cara Mengobati Darah Tinggi Secara Alami

Cara Mengobati Darah Tinggi Secara Alami


Cara mengobati darah tinggi memang sudah sepantasnya kita ketahui karena penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang semua orang tanpa mengenal batasan usia. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan hipertensi ini pada umumnya dikarenakan oleh pembuluh darah yang tidak elastis sehingga tekanan sistolik menjadi naik, sementara itu juga dibarengi dengan naiknya diastolik yang disebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Adapun penyakit ini memang bukanlah penyakit yang bisa diremehkan mengingat risiko dari penyakit ini bisa memicu stroke hingga menyebabkan serangan jantung.


cara mengobati darah tinggi


BEBERAPA CARA UNTUK MENGOBATI DARAH TINGGI


Pada umumnya, darah tinggi ini diakibatkan oleh pola makan yang tidak sesuai misalnya saja karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berkuah, berminyak, berlemak dan sebagainya. Selain itu untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak informasi di bawah ini mengenai cara mengobati darah tinggi dengan cara alami :

  • Memperbanyak konsumsi buah-buahan

Bagi penderita hipertensi memang sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buah yang segar dan mengandung banyak serat. Beberapa buah tersebut misalnya seperti timun, apel, anggur, jeruk maupun jenis buah lainnya sebagai penurun tekanan darah tinggi.

  • Memperbanyak konsumsi sayuran hijau

Agar tekanan darah bisa kembali normal, maka cara mengobati darah tinggi tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayur-sayuran hijau seperti kacang hijau, buncis maupun brokoli. Adapun ketiga jenis sayuran di atas memang sangat baik dikonsumsi dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan lebih cepat.

  • Melakukan diet sehat

Yang dimaksud diet di sini adalah berbeda dengan diet umumnya. Jadi diet ini dilakukan hanya dengan mengurangi konsumsi sayuran yang mengandung banyak garam secara bertahap. Bahkan target dari diet ini yaitu bisa mengonsumsi sayuran tanpa adanya kandungan garam sedikit pun.

  • Melakukan relaksasi

Untuk penderita hipertensi maka sebaiknya menyempatkan diri sesekali untuk melakukan relaksasi seperti senam yoga agar pikiran menjadi lebih tenang.

  • Berolahraga secara rutin

Adapun cara  mengobati darah tinggi selanjutnya yaitu dengan rutin berolahraga. Jadi upayakan untuk meluangkan setidaknya setengah jam setiap harinya untuk berlari, berenang maupun bersepeda.

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium

Beberapa makanan yang kaya potasium tersebut bisa kita di antaranya seperti kacang polong, kol, bayam maupun pisang.

  • Memanfaatkan tanaman herbal

Jadi kita juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan tanaman herbal seperti teh hijau, ginkgo biloba maupun kunyit. Jadi tanaman tersebut memang terbukti efektif dan sangat manjur.


Bagi anda yang mempunyai daftar riwayat tekanan darah tinggi dalam anggota keluarga, maka mulai sekarang anda patut waspada dan cobalah untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat serta mempertimbangkan segala jenis makanan yang hendak dikonsumsi supaya tidak meningkatkan risiko terkenan penyakit tersebut. Jadi itulah sedikit ulasan mengenai bagaimana langkah yang tepat untuk dilakukan sebagai bentuk upaya cara mengobati darah tinggi.
Posted by Unknown, Published at 8:13 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak