Cara Cepat Mengatasi Cegukan dan Ketahui Penyebabnya

Cara Cepat Mengatasi Cegukan dan Ketahui Penyebabnya

Cara cepat mengatasi cegukan | Pernahkan anda mengalami cegukan? apakah cegukan yang anda rasakan terjadi terus menerus? Nah, pada dasarnya cegukan atau biasa disebut dengan hiccup ini adalah istilah medis untuk singultus yang mana terjadi kontraksi secara tiba-tiba pada diafragma, biasanya ini terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Jadi jika cegukan ini terjadi sebentar, tentu ini bukan menjadi masalah. Akan tetapi bila ini berlangsung lama maka bisa menyebabkan insomnia, fatigue, dan bahkan depresi bagi penderitanya.

cara cepat mengatasi cegukan berkepanjangan


Penyebab Cegukan Yang Harus Anda Ketahui


Berbicara mengenai penyebab dari cegukan sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua yakni

  • Penyebab cegukan yang ringan : Untuk cegukan ringan biasanya disebabkan karena adanya regangan pada lambung. Di samping itu bisa juga disebabkan akibat cuaca yang berubah-ubah, mengonsumsi makanan yang terlalu panas / dingin, makan yang tergesa-gesa atau bahkan mengalami stres.
  • Penyebab cegukan yang sifatnya permanen atau tetap : Biasanya ini akibat adanya gangguan pada otak, gejala stroke, adanya infeksi pada susunan saraf pusat atau bisa juga karena adanya herpes pada dada sehingga itu mengganggu saraf tepi. Di samping itu juga karena gangguan metobolik seperti pada penderita kelainan ginjal atau penderita diabetes.  


Cara Cepat Mengatasi Cegukan yang Berkepanjangan


Bagi anda yang tengah mengalami cegukan dan merasa sangat terganggu, maka anda bisa mencoba cara cepat untuk mengatasi cegukan berkepanjangan seperti di bawah ini :

  • Anda bisa mencoba untuk menahan nafas selama 10 detik secara berkala, atau kalau bisa menahan nafas selama mungkin dan mencoba untuk menelan ludah jika dirasa akan cegukan.
  • Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup atau bisa juga memakan satu sendok gula merah dengan posisi leher mendongak ke belakang.
  • Cobalah untuk tidur berbaring dengan posisi lutut di tekuk ke arah perut. Jadi lakukan hal ini selama cegukan hingga benar-benar hilang.
  • Usapkan es batu ke dagu dan minumlah beberapa tetes air es. Tapi perlu di ingat jangan sampai menelan es batu ketika cegukan karena ini bisa berisiko masuk ke jalan nafas dan membuat anda semakin kritis.
  • Cobalah membungkuk hingga jari tangan anda bisa menyentuh ibu jari kaki selama 30 menit.
  • Apabila kondisi cegukan tetap dirasa parah, maka sebaiknya di bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat.

Itulah beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cegukan, namun jika masih tidak mempan maka penggunaan obat-obatan nampaknya juga diperlukan untuk memulihkan kondisi anda. Adapun obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengobati antara lain metaclopramid, chlorpromazin, antikonvulsan atau anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokternya.
Posted by Unknown, Published at 8:36 AM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak