Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Penyebab Rambut Bercabang

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Penyebab Rambut Bercabang

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang | Sebagai salah satu bagian tubuh yang mampu menunjang penampilan, maka tak heran jika para wanita selalu memperhatikan baik itu kesehatan maupun keindahan rambut. Meskipun begitu permasalahan pada rambut sendiri juga sering muncul seperti halnya rambut bercabang. Jadi pada umumnya rambut bercabang kerap di alami oleh mereka yang memiliki rambut panjang yang kurang terawat. Jika sudah begini maka tidak ada pilihan lain selain memotong bagian rambut yang bercabang tersebut walaupun sudah bersusah-payah untuk memanjangkannya.

cara mengatasi rambut bercabang

Penyebab Rambut Bercabang


Sebenarnya rambut bercabang bisa disebabkan oleh beberapa hal, akan tetapi apabila kita mengetahuinya maka kita tidak perlu merasa khawatir karena tentunya kita bisa melakukan tindakan pencegahan. Nah, untuk lebih jelasnya ini dia beberapa penyebab rambut bercabang :

  • Tubuh kekurangan cairan sehingga membuat kita dehidrasi dan itu bisa berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Oleh karena itu penuhi kebutuhan cairan harian anda dengan mengonsumsi setidaknya 2 liter air putih.
  • Akibat pengaruh cuaca yang ekstrim, sehingga membuat rambut kita kering dan mudah bercabang.
  • Akibat gesekan rambut yang terlalu keras, maksudnya di sini bagi anda yang biasa mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara di usap-usap maka hal itu bisa menjadi salah satu penyebab rambut bercabang.
  • Kurangnya asupan nutrisi untuk rambut.
  • Pengaruh bahan kimia yang kerap digunakan untuk merawat rambut, baik itu shampo yang tidak cocok, hair spray, toning dan sebagainya.


Cara Mengatasi Rambut Bercabang


Jadi setelah kita mengetahui penyebab dari rambut bercabang, sekarang pasti anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi rambut bercabang itu sendiri ? Berikut ini ada 7 cara untuk mengatasi rambut bercabang yang bisa kita lakukan :

1.      Melakukan Trim
Jadi kita bisa mengatasinya dengan cara trim yaitu memotong ujung-ujung rambut yang bercabang. Sebaiknya peotongan dilakukan sepanjang 2-3 cm di setiap ujung rambut, sehingga rambut bisa tumbuh kembali dengan normal.
2.      Penuhi asupan vitamin E
Adapun vitamin E memang memiliki fungsi untuk memelihara kulit dan juga rambut, jadi jangan lupa untuk memenuhi asupan vitamin E yang bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan, kecambah, maupun suplemen yang tersedia.
3.      Gunakanlah shampo dan kondisioner yang cocok untuk rambut anda
Pemilihan shampo dan kondisioner memang harus kita perhatikan karena kondisioner bisa memberikan perlindungan tambahan bagi rambut khususnya bila anda banyak beraktivitas di ruangan ber-AC ataupun sering beraktivitas di luar ruangan sekalipun.
4.      Gunakan minyak zaitun
Seperti yang kita tahu bahwa minyak zaitun bisa membantu menutrisi rambut, sehingga rambut kita bisa tumbuh lebih sehat dan kuat serta terhindar dari rambut bercabang.
5.      Jangan membiarkan rambut kita tertekan
Rambut tertekan biasanya dikarenakan penggunaan ikat rambut yang terlalu kencang sehingga secara perlahan itu bisa menyebabkan rambut mudah rapuh, bercanang maupun permasalahan rambut yang lebih parah lainnya.
6.      Hindari penggunaan alat pemanas rambut
Jadi ada beberapa alat pemanas rambut yang sering digunakan seperti curling, hairdryer, catok dan iron itu bisa membuat rambut kita kering dan mudah patah. Selain itu rambut bercabang juga bisa disebabkan oleh kebiasaan yang seperti ini. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan alat-alat tersebut.
7.      Gunakanlah masker rambut
Selain masker wajah, jadi kita juga bisa membuat masker rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti dari alpukat dan mayonaise. Jadi bahan tersebut kita haluskan dan bisa kita balurkan ke rambut sebagai bentuk perawatan rambut bercabang.

Jadi bagi anda yang mengalami masalah rambut bercabang, maka anda tidak perlu bingung dan anda bisa langsung mengaplikasikan cara untuk mengatasi rambut bercabang seperti di atas.
Posted by Unknown, Published at 8:56 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak