Cara mengobati panu secara alami

Cara mengobati panu secara alami

Cara mengobati panu | Kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang tentunya bisa kita jadikan patokan mengenai kebersihan seseorang. Kulit yang putih dan bersih biasanya juga hasil dari perawatan yang telah dilakukan oleh seseorang tersebut sebelumnya, tapi bagaimana apabila terdapat penyakit kulit seperti panu? Ya, pada dasarnya munculnya panu ataupun jenis jamur kulit lainnya itu bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya saja kondisi kulit kita yang mudah berkeringat, faktor udara yang lembab juga kebersihan dari seseorang itu sendiri. Karena ada juga mereka yang sudah sangat menjaga kebersihan kulit akan tetapi masih saja mendapati panu pada kulitnya, mungkin itu dipengaruhi oleh jenis kulitnya yang mudah berkeringat sehingga kondisi permukaan kulit menjadi lembab dan memicu berkembangnya jamur pada kulit. Sementara itu untuk jenis kulit yang sensitif umumnya apabila kita sering menggaruk maka panu yang terdapat pada kulit juga bisa semakin parah, demikian ini tentunya harus sangat dihindari. 

cara mengobati panu secara alami

                                        

Tips mencegah panu pada kulit

Agar kulit kita terhindar dari panu ataupun permasalahan kulit akibat jamur lainnya, maka kita juga bisa mencegah dengan cara seperti berikut ini :

  • Menjaga kebersihan pakaian yang kita kenakan
  • Selalu menjaga kebersihan tubuh
  • Gunakan handuk sampai tubuh kita benar-benar kering
  • Upayakan setidaknya mandi 2 kali sehari
  • Selalu menjaga kebersihan tangan dan kuku

Di samping itu bagi anda yang sering berkeringat maka ada baiknya selalu menggunakan bedak agar kulit anda bisa tetap kering. Sebab jamur akan lebih mudah berkembang terutama pada kulit yang lembab.

Cara menghilangkan panu pada kulit

Adapun bagi anda yang memiliki panu pada kulit, maka anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti efektif untuk menghilangkan panu. Untuk lebih jelasnya simak informasi berikut :

Menggunakan bawang putih
Jadi untuk bawang putih ini secara alami memiliki senyawa yang bersifat anti bakteri. Dengan demikian bawang putih bisa kita percaya untuk mengobati panu dengan cara menggosok-gosokkan potongan bawang putih secara langsung pada kulit yang terdapat panu. Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari agar panu cepat hilang.

Menggunakan belerang
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan belerang. Ya, belerang memang terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi permasalahan kulit termasuk penyakit panu. Jadi kita bisa menggunakan belerang yang sudah ditambahkan dengan perasan jeruk dan sedikit minyak kelapa, lalu bisa langsung kita oleskan pada bagian kulit yang terdapat panu.

Menggunakan Belimbing
Siapa sangka buah yang memiliki rasa asam dan sering digunakan sebagai bahan masakan ini ternyata mampu untuk menghilangkan panu. Akan tetapi pada kenyataannya memang belimbing ini sangat kaya akan vitamin C dan itu bisa kita manfaatkan untuk mengobati panu dengan cara menumbuknya dan mengoleskannya ke bagian kulit kita.

Menggunakan lengkuas
Salah satu rempah-rempah ini ternyata juga tidak kalah berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit kita. Adapun caranya hanya dengan mengambil potongan lengkuas secukupnya, lalu kita oleskan pada kulit yang terdapat panu, maka secara berangsur-angsur panu tersebut akan menghilang.

Nah, jadi itulah beberapa bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati panu pada kulit. Selain terbukti efektif juga kita tidak perlu menggunakan obat-obatan tertentu sehingga lebih alami.
Posted by Unknown, Published at 6:48 AM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Informasi dan Tips Kesehatan | Partner Dapur Masak